Senin, 15 September 2014

Peran Strategis Lembaga Humas_Prof. Imam Suprayogo

Jum’at malam Sabtu, tanggal 12 September 2014, ------semalaman, saya dalam perjalanan dari Medan ke  Lhokseumawe, Aceh.  Perjalanan darat yang memerlukan waktu kurang lebih 9 jam itu untuk memenuhi undangan STAIN Lhokseumawe,  berceramah dalam rangka wisuda sarjana di perguruan tinggi  Islam.  Memang ada penerbangan dari Medan ke Lhokseumawe, dengan menggunakan pesawat kecil,  tetapi  hanya tiga kali dalam seminggu. Dengan demikian, di luar hari penerbangan itu, siapapun  akan  menggunakan kendaraan darat.

Melakukan perjalanan darat selama kurang lebih 9 jam cukup melelahkan. Apalagi, sebelumnya juga menempuh jarak penerbangan yang cukup jauh, yakni dari Malang ke Medan, tidak kurang dari 3 jam. Hampir selama sehari semalam  berada di perjalanan. Namun, rasa lelah itu menjadi tidak terlalu terasa ketika dalam keadaan senang


Beberapa kali saya diundang ke STAIN Lhokseumawe,  untuk berceramah, seminar, atau kegiatan lainnya.  Perjalanan jauh itu tidak terasa oleh karena selalu ditemani oleh pimpinannya. Setiap diundang ke kampus itu, saya selalu dijemput oleh ketuanya sendiri, atau setidak-tidaknya oleh humasnya  di Medan. Setelah turun dari pesawat, ----- dari Jakarta, diajak bersama-sama naik mobil ke Lhokseumawe dalam perjalanan yang cukup lama tersebut. 

Perlakuan yang sedemikian menyenangkan, yakni datang dari jauh,  kemudian  dijemput, dan diajak bersama-sama itulah,  yang menjadikan rasa lelah terasa hilang dengan sendirinya.  Perlakuan baik ternyata bisa mengalahkan rasa capek dan lelah. Secara fisik merasakan lelah tetapi secara psikhis,  atas perhatian yang sedemikian besar itu, maka kelelahan fisik itu menjadi hilang dengan sendirinya.

Selama di dalam perjalanan dari Medan hingga ke Lhokseumawe, saya memperoleh banyak informasi  dari humasnya di antaranya tentang pengembangan perguruan tinggi Islam, gambaran tentang  masyarakat Aceh, dan banyak hal lagi lainnya. Berbagai informasi itu, bagi saya, adalah sangat menarik dan  merupakan hiburan tersendiri. Mengembangkan perguruan tingi Islam, -------di daerah-daerah, ternyata bukan pekerjaan mudah. Banyak hambatan yang harus dihadapi, mulai dari menyediaan sarana dan prasara, penyediaan tenaga dosen,  hingga menyangkut administrasi perizinan dari pemerintah pusat. 

Mendengarkan kisah perjuangan tersebut, saya mendapatkan kesimpulan   bahwa ternyata  mengembangkan pendidikan Islam itu  tidak mudah. Diperlukan semangat, perjuangan, dan sekaligus pengorbanan. Usaha-usaha yang bersifat seadanya, hanya menunggu kabar bahwa ada peluang, mau berbuat manakala ada anggaran dan seterusnya, maka tidak akan membawa hasil. Perguruan tinggi Islam  yang  tamnpak maju dan berkembang,  adalah hampir pasti bahwa,  di balik itu terdapat orang-orang yang mau berjuang dan sekaligus berkorban.

Seperti  yang  saya lihat di STAIN Lhokseumawe, lembaga pendidikan Islam itu memiliki orang-orang yang bersemangat tinggi untuk maju.  Selain   itu, juga saya lihat ada  orang yang mampu menjalankan tugas kehumasan dengan baik. Kekuatan lainnya,  adanya  kebersamaan di antara semua warga kampus. Semangat yang tingi, kebersamaan, dan kualitas  kehumasan  itulah yang menjadikan perguruan tinggi Islam ini, -------sekalipun usianya belum terlalu lama, mengalami perkembangan yang sedemikian cepat.

Tugas kehumasan di antaranya adalah menjadikan lembaga yang bersangkutan memiliki citra baik di tengah masyarakat,  membagi informasi secara merata kepada warga kampus, menjalin komunikasi secara luas dengan berbagai pihak, dan lain-lain. Tugas-tugas itu rupanya berhasil dijalankan oleh pejabat yang ditunjuk, dan juga secara bersama-sama diperankan oleh semua pimpinanya. Lewat peran kehumasan  itu, perguruan tinggi Islam  ini  dirasakan  menjadi milik bersama, dan  itulah sebenarnya yang merupakan salah satu kunci kemajuan yang  diraih selama ini.  Wallahu a’lam.






0 komentar:

Contact

Kontak Kami

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah BMH tetap berkhidmat bersama Ummat - WA 0851.0471.7000

Alamat:

Jalan Sidomakmur 15 Sengkaling Dau Malang

Jam Kerja:

Senin sampai Jumat pUkul 08.00 hingga 16.30

Phone:

0851.0471.7000

Recent Comments

Recent Posts