LAPORAN PENELITIAN DOSEN DAN MAHASISWA
IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT
DALAM PENGELOLAAN ZAKAT DI KOTA MALANG: STUDI PERBANDINGAN ANTARA YAYASAN DANA
SOSIAL AL-FALAH (YDSF) DAN
BAITUL MAL HIDAYATULLAH (BMH)
Oleh:
Sudirman,
M.A. NIP 19770822 200501 1 003
Sri
Eko Ayu Indrawati NIM 085 646 608 923
KEMENTERIAN
AGAMA
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI
MAULANA
MALIK IBRAHIM MALANG
FAKULTAS
SYARIAH
TAHUN
2011
SURAT
PERNYATAAN
ORISINALITAS
PENELITIAN
Saya yang tersebut di bawah ini:
Nama : Sudirman,
M.A.
NIP : 19770877 200501 1 003
Pangkat/Golongan : Penata Tk. I /III d
Jabatan : Lektor
Fakultas/Jurusan : Syari’ah/Hukum Bisnis Syariah
Judul Penelitian : Implementasi Total Quality
Management dalam
Pengelolaan
Zakat di Kota Malang: Studi Perbandingan
antara Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) dan Baitul Mal Hidayatullah (BMH)
menyatakan dengan sebenar-benarnya
bahwa hasil penelitian kali ini tidak terdapat unsur-unsur penjiplakan karya
penelitian atau karya ilmiah yang pernah dilakukan atau dibuat oleh orang lain,
kecuali yang secara tertulis dikutip dalam naskah ini dan disebutkan dalam
sumber kutipan dan daftar pustaka.
Apabila
ternyata hasil penelitian ini terbukti terdapat unsur-unsur jiplakan, maka saya
bersedia untuk mengembalikan bantuan dana penelitian dari Fakultas Syariah UIN
Maulana Malik Ibrahim Malang yang telah saya terima, serta diproses sesuai
peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Malang,
15 Oktober 2011
Yang
membuat pernyataan,
Sudirman, M.A.
HALAMAN PENGESAHAN
Laporan
Penelitian ini
Disahkan oleh Fakultas Syari’ah
Universitas Islam Negeri Maulana
Malik Ibrahim Malang
Pada tanggal 15 Oktober 2011
Peneliti 1, Peneliti
2,
Sudirman, M.A. Sri Eko Ayu Indrawati
NIP
19770822 200501 1 003 NIM 085 646 608 923
Mengetahui,
Ketua Jurusan Hukum Bisnis Syariah, Reviewer,
Drs. Suwandi, M.H. Dr. M.
Fauzan Zenrif, M.Ag.
NIP. 196110415 200003 1 001 NIP. 19680906 200003 1 001
Yang Mengesahkan,
a.n. Dekan,
Pembantu Dekan Bidang Akademik,
Dr.
Hj. Umi Sumbulah, M.Ag.
NIP
19710826 199803 2 002
KATA
PENGANTAR
Al-hamdu
li Allah wa al-sukru li Allah, dengan rahmat dan
kasih sayang-Nya, penelitian ini dapat diselesaikan. Shalawat dan salam semoga
tetap tercurahkan kepada Nabi junjungan kita, Muhammad saw.
Penelitian
yang berjudul “Implementasi Total Quality Management dalam Pengelolaan Zakat
di Kota Malang: Studi Perbandingan
antara Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) dan Baitul Mal Hidayatullah (BMH)”
dilaksanakan atas bantuan biaya DIPA Fakultas Syariah 2011. Berbagai kendala
teknis dan manajemen waktu banyak dihadapi oleh peneliti, namun akhirnya
semuanya dapat diatasi dengan baik.
Dengan selesainya penelitian ini, peneliti ingin mengucapkan terima
kasih sebanyak-banyaknya kepada:
- Prof. Dr. H. Imam Suprayogo, selaku Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang yang selalu memberikan teladan terbaik bagi seluruh civitas akademika kampus Ulul Albab.
- Dr. Hj. Tutik Hamidah, M.Ag. selaku dekan Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang yang terus berjuang membesarkan fakultas Syariah dengan berbagai terobosan yang luar biasa.
- Dr. Hj.Umi Sumbulah, M.Ag., selaku Pembantu Dekan Bidang Akademik Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang yang sangat peduli dengan kegiatan ilmiah para dosen dan mahasiswa sehingga penelitian kompetitif ini dapat terwujud.
- Dr. M. Fauzan Zenrif, M.Ag., selaku reviewer penelitian yang dengan teliti menelaah naskah proposal, memberikan saran isi laporan hingga memotivasi peneliti untuk selalu bekerja profesional dan handal di segala bidang kehidupan.
- Sri Eko Ayu Indrawati, mitra peneliti yang sabar dan gigih mengumpulkan data lapangan.
- Kawan-kawan dari Yayasan Dana Sosial AL-Falah dan Baitul Maal Hidayatullah Malang yang telah bersedia meluangkan waktu untuk berbagi informasi.
- serta berbagai pihak yang turut serta membantu penyelesaian penelitian ini.
Akhirnya, masukan dan saran konstruktif sangat
diharapkan bagi kesempurnaan laporan ini. Semoga usaha yang telah dilakukan
dapat bermanfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan di Indonesia, khususnya dalam
ranah kajian zakat kontemporer. Amin.
Malang,
15 Oktober 2011
Peneliti,
A.
Kesimpulan
Setelah
penelitian ini usai dilakukan, beberapa kesimpulan yang dapat ditarik adalah
sebagai berikut.
1.
Yayasan
Dana Sosial al-Falah Malang dan Baitul Mal Hidayatullah Malang telah melakukan
berbagai usaha untuk memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan, baik
pelanggan eksternal maupun internal. Pelanggan eksternal mendapatkan perhatian
dari kegiatan jemput donasi hingga layanan keluhan. Sarana yang digunakan juga
beragam, dari media cetak hingga media elektronik. Meskipun demikian, ada
sejumlah perbedaan yang dapat ditemukan, antara lain inovasi pelayanan YDSF
lebih terbuka dan bebas ketimbang BMH. Hal ini dapat dilihat dari upaya YDSF
memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk memudahkan pelanggan mendapatkan
informasi dan layanan. Sementara itu, BMH Malang masih tergantung pada
kebijakan pelayanan pelanggan yang ditentukan oleh BMH Pusat.
2.
Yayasan
Dana Sosial al-Falah Malang dan Baitul Mal Hidayatullah Malang telah melakukan
berbagai usaha untuk melakukan perbaikan terus-menerus untuk mencapai visi dan
misi mereka. Sejumlah program seperti pengiriman karyawan ke beberapa jenis
pelatihan seringkali dilakukan untuk meningkatkan kemampuan personel karyawan.
Kegiatan semacam pembuatan rencana kerja hingga evaluasi program kerja mereka
lakukan secara konsisten dan berkesinambungan. Visi dan misi lembaga menjadi
acuan utama dalam membuat program kerja. Audit internal dan eksternal juga
telah mereka lakukan meskipun dengan motode yang berbeda.
3.
Yayasan
Dana Sosial al-Falah Malang dan Baitul Mal Hidayatullah Malang telah melakukan
berbagai usaha untuk melibatkan seluruh potensi yang dimiliki lembaga guna
mencapai pelayanan yang berkualitas. Struktur organisasi telah lengkap untuk
mencapai tim yang solid. Semangat kerja satu tim mewarnai aktifitas mereka
sehingga atasan dan bawahan tidak lagi menunjukkan hirarkhi tugas dan jabatan
melainkan sebagai mitra kerja yang saling melengkapi. Hanya saja, untuk
pendampingan karyawan yang bermasalah, YDSF mempunyai tim konsultan yang setiap
saat dapat membantu meringankan atau memecahkan masalah yang dihadapi.
B.
Saran
1.
Bagi
lembaga pengelola zakat, penerapan nilai-nilai TQM merupakan hal yang tak
terelakkan di era sekarang ini. Oleh sebab itu, mempelajari sekaligus mencoba
untuk menerapkan dalam kegiatan pengelolaan zakat perlu digalakkan agar
masyarakat muzakki mendapatkan pelayanan yang memuaskan.
2.
Bagi
peneliti selanjutnya, penelitian seputar lembaga zakat dapat dikembangkan
dengan membidik pengelolaan wakaf dari manajemennya. Misalnya tentang cara
lembaga zakat melakukan penggalangan sekaligus pertanggungjawaban dana umat via
piranti modern semacam internet dan SMS. Ini jelas akan memberikan kontribusi
positif untuk pengembangan pengelolaan zakat di Indonesia.
.............................................................................................................
0 komentar:
Posting Komentar