DR. Fahmi investor pengadaan ratusan
hewan qurban BMH Malang
Kamis (11/9) tercapai pertemuan “bukan
empat mata” antara Kepala Cabang BMH Malang M Humam Hidayat, SS dan Dr. Imam
Muhajirin Elfahmi, SH, Spd, MM di Amazy resto Jalan bendungan sigura-gura 46-48
Lowokwaru kota Malang sore hari. Pertemuan enam mata termasuk penulis yang
mendokumentasikan.
Pertemuan ini adalah final akad
kerjasama setelah diawali dengan beberapa pertemuan atau komunikasi awal antara
penulis (atas saran kepala cabang BMH Malang) dengan bapak Fahmi seorang
pengusaha di bidang pendidikan dan bisnis ini.
Komunikasi awal yang dimaksud adalah per-telpon
dan SMS secara intensif dan berkesinambungan. Berbeda dengan relasi atau
kenalan-kenalan yang lain, doktor pemilik 12 cabang lembaga pendidikan Magistra
Utama di 12 kota ini relatif sangat cepat dalam merespon SMS dari penulis. Kebiasaan
menjawab dan merespon “cepat” dari sapaan SMS adalah pola atau model atau
tabiat yang menjadi ke-khas-san. Hal ini relatif jarang dimiliki oleh kita
kebanyakan.
Kebiasaan merespon cepat (contoh dalam
hal SMS) dari kenalan, custumer, pelanggan, nasabah tidak selalu dimiliki oleh
kita kebanyakan dibanding oleh seorang Fahmi pemilik empat gelar akademik ini. Lepas
dari urusan hobi atau selera, namun kita kebanyakan sering menunda-nunda untuk
merespon SMS dari kenalan dengan banyak alasan. Mungkin masih terima tamu,
masih rapat penting, masih ada urusan penting, sampai lupa, yang paling mungkin
adalah sikap abai dan kurang memandang penting untuk segera merespon SMS. Ini tidak
berlaku bila saluran provider nomer HP kita memang pas agak lambat dan eror.
Walhasil, kerjasama dalam hal pengadaan
hewan qurban 1435 H dicapai kata sepakat terhitung hari Kamis kemarin. Ini adalah akibat dampak dari perubahan
kebijakan di BMH Pusat yang terdapat aturan terbaru tentang larangan berbisnis
lembaga filantropi semacam BMH. Untuk menyambut hari raya qurban, di
tahun-tahun sebelumnya BMH Cabang masih mendapat kucuran dana awal untuk
penyediaan hewan qurban. Beda halnya dengan tahun sekarang yang harus berangkat
dari nol untuk penyediaan hewan qurban. Untuk itu diperlukan terobosan dan
solusi baru agar dapat dengan segera menyediakan hewan pesanan dari para
pelanggan yang menaruh kepercayaan yang tinggi kepada BMH.
Pertemuan sore itu berkembang menjadi
sarana beberapa masukan terkait peningkatan kinerja SDM BMH. Bisa jadi, Secara kelembagaan BMH dibawah
keluarga besar Hidayatullah sudah cukup mendapat kepercayaan
yang tinggi di mata masyarakat sebagai organisasi dakwah yang santun dan nyaris
tanpa pernah menimbulkan pergesekan yang frontal di tengah-tengah ummat. Bisa jadi,
BMH sebagai lembaga zakat nasional sudah mendapat tempat di hati para donatur
dan simpatisan. Namun, tidak bisa dipungkiri kalau secara pendekatan personal
dan tampilan program di tengah-tengah ummat, BMH kalah tertinggal jauh dengan
lembaga-lembaga lokal maupun nasional dalam memberikan edukasi tentang zakat,
infaq, sedekah dan wakaf.
“Banyak bermunculan di masyarakat
lembaga yang tampil terkelola secara profesional. Menejemen yang tertata rapi
didukung SDM yang enerjik, lincah dan tangguh. Bisa jadi lembaga itu adalah sebenarnya
milik pribadi atau perorangan. Terkadang lembaga tersebut baru muncul di
tingkat lokal dan belum sebesar BMH. Namun, karena pendekatan silaturrahim yang
lebih intensif, maka masyarakat bisa lebih tertarik dan simpati dibanding
kepada BMH. Persaingan di masyarakat akan terasa begitu ketat dan harus menjadi
catatan penting untuk perbaikan BMH kedepan.”demikian komentar bapak
Fahmi dalam kritikan-kritikannya yang membangun.
Setelah terdokumentasi akad kerjasama
pengadaan hewan korban 1435 H ( yang rencananya hingga limaratusan ekor) dan
usai kita dengar berbagai masukan dan kritikan pak Fahmi untuk BMH Malang
kedepan, maka bapak Humam sebagai Kepala Cabang BMH Malang pun berkomentar
bahwa tidak menutup kemungkinan “akan kita adakan upgrading khusus SDM
BMH Malang dan mengecas motivasi berkala tiap bulan agar tetap terjaga semangat
dalam meningkatkan kinerja dalam mencapai prestasi. Ruang workshop amazy
training center bisa menjadi tempat alternatif dengan bapak Fahmi sebagai
motivator utama tiap bulan. ” demikian gagasan bapak Humam usai berpamitan.
Demikian, penulis sudah melaksanakan
tugas dalam mempertemukan dua pihak (atau beberapa pihak yang berserakan,
jarang ketemu dan saling silaturrahim) untuk bekerjasama, bersinergi
untuk kepentingan jangka pendek dan jangka panjang.
Peran nominal ratusan juta bukanlah hal
yang sederhana. Amanah untuk dijaga dan dimanfatkan sebaik-baiknya. BMH (cabang
Malang khususnya), dengan SDM yang relatif masih muda-muda belia, sudah
mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari masyarakat dan ummat untuk mengelola
dana ummat sampai ratusan juta hingga Milyar-an. Penulis sebagai saksi di
perjalanan program, berharap SEMOGA amanah kepercayaan masyarakat dan
ummat ini bisa terkelola secara tepat guna dan tepat sasaran. Amin. (makin)
Ditulis di kantor BMH Malang pukul 03.30
dinihari Sabtu, 13 September 2014.
Layanan
jemput Zakat, Infaq, Shodaqoh, hibah, wakaf Anda….
Program
Qurban Berkah Nusantara
“Qurban di kota Manfaat di desa”
0341.7717000
“Qurban di kota Manfaat di desa”
0341.7717000
0 komentar:
Posting Komentar