Kamis, 03 April 2014

Bantuan Univ. Mulawarman Kalimantan untuk korban Kelud

      
Hari ini kamis tanggal 3 April 2014 kami team BMH Malang berangkat menuju Ngantang untuk menyalurkan bantuan dari universitas Mulawarman Kalimantan Timur. Bantuan dilewatkan BMH Kalimantan, ke BMH Pusat dan sebagai pelaksana lapangan oleh team BMH Malang.

 Sejak kemarin kita sudah memberi tahu kepada (ibu) kepala Desa Pandansari terkait rencana ini. Beliau menyambut baik peran serta BMH dalam menghadapi, mengelola dan membantu korban bencana erupsi gunung kelud terutama di wilayah desa Pandansari kec Ngantang.

 Alhamdulillah, kami dari team divisi markom bersama divisi pendayagunaan sampai di wilayah pandansari disambut oleh suasana taman rekreasi bendungan selorejo yang masih sepi. Langsung kita menuju dusun klangon yang semula akses terputus karena jembatan penghubung rusak total kena terjang lahar. Masjid as-syakur dusun klangon kita sampaikan bantuan, kemudian terus naik bukit sampai dusun sedawun ketemu masjid almubarokah. Dua dusun ini sekarang sudah menikmati akses jalan yang lancar lantaran jembatan baru. Tidak terdapat kerusakan rumah yang parah tapi masih kesulitan saluran air bersih.

 Berlanjut ke masjid darussa’adah dusun pahit dan bertemu kepala dusun serta warga. Masjid yang sempat dipakai sebagai posko yayasan non muslim dari semarang (terindikasi misionaris) ini sempat menjadi berita yang mencuat di awal-awal kondisi bencana saat itu di bulan februari –maret. Namun keadaan terkendali setelah posko berpindah ke balai dusun pahit. Di dusun ini sempat diajak pak kasun melihat kondisi tandon air yang sudah mulai terisi aliran air dari sumber atau mata air dari lereng gunung kelud. Ya, air sudah mengalir baru dua atau tiga hari!!!











Belum satu minggu, setelah penantian air bersih sejak letusan kelud di awal feb silam. terlihat penduduk bergembira menikmati aliran air di sekitar rumah. Ada harapan besar untuk memberi minuman yang cukup bahkan lebih untuk keluwarga mereka, JUGA minuman yang CUKUP untuk keluwarga SAPI-SAPI mereka. 
Karena apa? Disaat denyut ekonomi mengalami sekarat bahkan mati total, dari air susu sapi perah merekalah satu-satunya harapan yang tersisa. Kecuali yang punya tabungan. tapi, harapan dari sapi tidak akan bisa maksimal apabila kebutuhan air juga macet total sejak lebih dari satu bulan.
 Perjalanan berlanjut ke dusun Kutut, dan kita sampaikan bantuan ke takmir masjid Attaubah dan mushola Sabilillah. Setelah sholat dhuhur sempat bertemu bapak ISLAMADI (Kasun yang merangkap ketua takmir masjid) yang sejak pagi sibuk mendata jumlah kandang, dimana sudah ada berita bantuan khusus pada pemilik kandang hewan piaraan. Semoga mendapatkan kemudahan. Kedatangan aliran air adalah harapan baru, disaat lahan sawah masih penuh pasir, debu kelud dan belum siap ditanami yang layak. Walau kita BMH sudah merencanakan program bantuan berupa bibit-bibit yang layak tanam di wilayah pandansari ngantang. 
 Perlu diketahui bahwa desa pandansari terdiri dari beberapa dusun diantaranya adalah dusun kutut, pahit, munjung, klangon, sedawun, mbales dan blumbang. Tiga dusun yang pertama adalah yang terparah. Apalagi dusun kutut adalah nama yang sering masuk berita media massa. Menjadi nama tujuan utama simpatisan dari luar kota. Ya memang cukup parah, juga atas keparahan awak media atau wartawan inilah curahan bantuan menjadi berlimpah, bencana membawa berkah. Tentu bagi yang memahami dan menggali apa dibalik semua peristiwa. Selama ini jalur “desa” pandansari terutama menuju dusun Kutut dipandang sebelah mata oleh para pengunjung taman rekreasi bendungan selorejo, namun dengan kuasa dariNYA semata, tempat rekreasi jadi tutup total sampai hari ini, pandangan simpati manusia beralih ke jalur desa tersebut, melalui tangan TNI, PMI, BMH, ormas, LSM dan lain-lain. Tuhan memang Maha Kuasa, ALLAH Robbul”alamin.

 Alhamdulillah bantuan tersampaikan sesuai pesan dan amanah, walau ini adalah sebagian kecil dari sekian bantuan dari berbagai pihak. Diantaranya dari BMH berbagai cabang, dari PT.LEN Industri tbk (BUMN pusat Bandung), SD Masjid Syuhada Jogyakarta, dan masih terlalu banyak untuk disebutkan. Terasa ingin lebih lama untuk melihat dan mendengar kondisi, kegembiraan dan keluhan warga kutut yang belum usai, tapi, jam kuliah di FAI UMM harus mulai pk 13.00.. akhirnya, segera pamit pak kasun dan luxio melaju dengan kencang. Setir kita putar ke kanan dan ke kiri, gas kita injak sekuat-kuatnya. Tidak peduli ada warung nasi atau penjual es degan. Dusun mbales dan balai desa pandansari pun tidak sempat kita hampiri. Sampai jumpa lain waktu ibu kades. (div markom)




 Posko BMH peduli bencana ERUPSI Gunung Kelud di Desa Pandansari Ngantang Malang, SIAP menyalurkan simpati dan empati ANDA. Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Baitul Maal Hidayatullah (BMH), Mengajak disiplin berinfaq, sedekah, zakat, hibah dan wakaf, minimal 2,5 % dari setiap rizki/ penghasilan yang diterima. Untuk menyempurnakan taqwa… Mewujudkan lembaga zakat yang amanah dan profesional, untuk kemandirian bangsa. kami team BMH Cabang Malang siap menghubungkan niat baik Anda dengan yang berhak menerimanya, menyalurkannya pada yang berhak. Layanan jemput Zakat, Infaq, Shodaqoh, hibah, wakaf Anda…. Ke CP.0877.5961.0020/ 0852.3496.4872/ 0341-7076662_PIN BB. 26A2122B_ an. pak Makin_team BMH Malang Call me please 24 jam non stop.... “Tebarkan rahmat berdayakan ummat” Atau datang langsung ke... kantor BMH Malang da. Jl.Sidomakmur 15 Malang Jatim 0341-462738. Atau Kantor Kas Kota Kepanjen da. Raya Panggungrejo 41/409 (depan jl/Gg.Pandan) Kota Kepanjen 0341-392096. http://bmhcabangmalang.blogspot.com//fb.bmhmalang@yahoo.co.id// Alamat fb/email : makin.udin@yahoo.co.idSalam Super, Salam Sukses, Salam Dahsyat, Salam Mantafff...

0 komentar:

Contact

Kontak Kami

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah BMH tetap berkhidmat bersama Ummat - WA 0851.0471.7000

Alamat:

Jalan Sidomakmur 15 Sengkaling Dau Malang

Jam Kerja:

Senin sampai Jumat pUkul 08.00 hingga 16.30

Phone:

0851.0471.7000

Recent Comments

Recent Posts