Sabtu, 06 Juni 2015

Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan










Balikpapan. LPPH (Lembaga Pendidikan dan Pengkaderan Hidayatullah) Balikpapan menggelar acara Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan yang dilaksanakan selama dua hari, Sabtu-Ahad 30-31 Mei 2015 di Wisma Patra Pertamina Balikpapan.
Acara ini disponsori khusus oleh BMH Balikpapan bekerja sama dengan LPPH, SIT (Sekolah Islam Terpadu) Karang Bugis dan Pendidikan Putri Gunung Tembak.Hadir sebagai peserta sebanyak 50 orang yang terdiri dari kepala-kepala sekolah beserta wakil-wakilnya dan beberapa guru potensial dari 10 unit pendidikan. Mereka dari Madrasah Raadhiyatan Mardhiyyah Putra dan Putri, Madrasah Tsanawiyah Putra dan Putri, Madrasah Ibtidaiyah Putra dan Putri, Ma’had Tahfidz Ahlu Shuffah putra dan Putri, SDIT dan SMPIT Lukman Hakim.
Menurut Abdul Ghofar Hadi sebagai ketua LPPH Balikpapan, kegiatan ini banyak menguras pemikiran dari para peserta karena tidak banyak materi tapi evaluasi diri yang bersifat personal dari awal hingga akhir sesi.“Kalau dikatakan ada materi pelatihan maka hanya pengantar saja sekitar 10 menit setiap sesi. Karena inti kegiatan ini bukan training tapi evaluasi terhadap kepemimpinan dari para kepala sekolah dan wakilnya selama ini. Sehingga tidak bisa peserta mengantuk atau bersantai ria,” ujar alumni Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman Al-Hakim Surabaya (STAIL) itu.
Materi pertama tentang penilaian kinerja oleh sesama dan kepada diri sendiri yang dipandu langsung oleh ustadz Abdul Ghofar Hadi.Materi ini dinilai cukup strategis, sebab terkadang untuk menilai seseorang tercebak subyektifitas sehingga perlu ada alat ukur dibuat terkait integritas, kedisiplinan, loyalitas atau komitmen, kualitas diri dan kemampuan dalam kerja sama dalam tim.Kemudian dilanjutkan oleh ustadz Nasri Buhori (TPA) Tes Kemampuan Akademik. TPA ini ada materi keislaman, kelembagaan dan dunia pendidikan bagi guru-guru. Soal berbentuk essay yang cukup banyak menyita waktu dan pikiran dari para peserta.Selanjutnya materi studi kasus oleh Ustadz Muzakkir Usman untuk menguji kemampuan peserta dalam menyelesaikan masalah, memutuskan masalah dan kreatifitas problem solvingnya dari siang hingga sore. Materi ini sederhana tapi strategis untuk mengetahui daya nalar dan kemampuannya dalam menyelesaikan masalah.Malam hari materi analisis hingga tahapan meraih program unggulan oleh ustadz Joko Mustofa. Pagi harinya pembuatan makalah dengan tema ketrampilan memimpin oleh ustadz Abdul Ghofar Hadi, di saat yang sama peserta sambil menyelesaikan makalah dilaksanakan interviw satu persatu oleh tim pewancara yang terdiri empat tim. Dua tim ustadz dan dua tim ustadzah dengan durasi masing-masing peserta 15-20 menit.
“Banyak hal yang bisa didapatkan oleh LPPH terkait data kemampuan para peserta, harapan dan permasalahan yang selama ini terjadi di unit pendidikan. Insyaallah selanjutnya setelah mengumpulkan hasil dari para ustadz akan ada tindak lanjut program training yang lebih intens,” imbuh Abdul Ghofar.“Peserta juga merasa sangat puas meskipun lelah karena terkuras energi dan pikiran di setiap sesi acara. Kepuasannya adalah dengan bisa menuangkan pikiran, perasaan baik secara lesan maupun tulisan. Lelahnya karena nyaris sedikit jeda istirahatnya dalam setiap sesi,” paparnya.

Kedepan, LPPH Balikpapan mengagendakan program sekolah orang tua, sekolah guru, pelatihan pengasuh, pelatihan wali kelas, pelatihan administrasi dan bendahara. Sehingga ada harapan besar dari semua peserta agar LPPH banyak berperan untuk mendampingi dan melatih para guru dalam menjalan amanah mendidik putra-putri menjadi sholeh-sholehah.Kegiatan semacam ini terlaksana tentu karena dukungan dan kepercayaan umat kepada BMH. Melallui Zakat dan Sedekah, Anda turut serta memajukan pendidikan bangsa Indonesia*/

0 komentar:

Contact

Kontak Kami

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah BMH tetap berkhidmat bersama Ummat - WA 0851.0471.7000

Alamat:

Jalan Sidomakmur 15 Sengkaling Dau Malang

Jam Kerja:

Senin sampai Jumat pUkul 08.00 hingga 16.30

Phone:

0851.0471.7000

Recent Comments

Recent Posts