Jumat, 12 September 2014

Sinergi KaCab BMH Malang & DR. Fahmi, SH, SPd, MM



DR. Fahmi investor pengadaan ratusan hewan qurban BMH Malang

Kamis (11/9) tercapai pertemuan “bukan empat mata” antara Kepala Cabang BMH Malang M Humam Hidayat, SS dan Dr. Imam Muhajirin Elfahmi, SH, Spd, MM di Amazy resto Jalan bendungan sigura-gura 46-48 Lowokwaru kota Malang sore hari. Pertemuan enam mata termasuk penulis yang mendokumentasikan.

Pertemuan ini adalah final akad kerjasama setelah diawali dengan beberapa pertemuan atau komunikasi awal antara penulis (atas saran kepala cabang BMH Malang) dengan bapak Fahmi seorang pengusaha di bidang pendidikan dan bisnis ini.

Komunikasi awal yang dimaksud adalah per-telpon dan SMS secara intensif dan berkesinambungan. Berbeda dengan relasi atau kenalan-kenalan yang lain, doktor pemilik 12 cabang lembaga pendidikan Magistra Utama di 12 kota ini relatif sangat cepat dalam merespon SMS dari penulis. Kebiasaan menjawab dan merespon “cepat” dari sapaan SMS adalah pola atau model atau tabiat yang menjadi ke-khas-san. Hal ini relatif jarang dimiliki oleh kita kebanyakan.

Kebiasaan merespon cepat (contoh dalam hal SMS) dari kenalan, custumer, pelanggan, nasabah tidak selalu dimiliki oleh kita kebanyakan dibanding oleh seorang Fahmi pemilik empat gelar akademik ini. Lepas dari urusan hobi atau selera, namun kita kebanyakan sering menunda-nunda untuk merespon SMS dari kenalan dengan banyak alasan. Mungkin masih terima tamu, masih rapat penting, masih ada urusan penting, sampai lupa, yang paling mungkin adalah sikap abai dan kurang memandang penting untuk segera merespon SMS. Ini tidak berlaku bila saluran provider nomer HP kita memang pas agak lambat dan eror. 


Walhasil, kerjasama dalam hal pengadaan hewan qurban 1435 H dicapai kata sepakat terhitung hari Kamis kemarin.  Ini adalah akibat dampak dari perubahan kebijakan di BMH Pusat yang terdapat aturan terbaru tentang larangan berbisnis lembaga filantropi semacam BMH. Untuk menyambut hari raya qurban, di tahun-tahun sebelumnya BMH Cabang masih mendapat kucuran dana awal untuk penyediaan hewan qurban. Beda halnya dengan tahun sekarang yang harus berangkat dari nol untuk penyediaan hewan qurban. Untuk itu diperlukan terobosan dan solusi baru agar dapat dengan segera menyediakan hewan pesanan dari para pelanggan yang menaruh kepercayaan yang tinggi kepada BMH.

Pertemuan sore itu berkembang menjadi sarana beberapa masukan terkait peningkatan kinerja SDM BMH.  Bisa jadi, Secara kelembagaan BMH dibawah keluarga besar Hidayatullah sudah cukup mendapat   kepercayaan yang tinggi di mata masyarakat sebagai organisasi dakwah yang santun dan nyaris tanpa pernah menimbulkan pergesekan yang frontal di tengah-tengah ummat. Bisa jadi, BMH sebagai lembaga zakat nasional sudah mendapat tempat di hati para donatur dan simpatisan. Namun, tidak bisa dipungkiri kalau secara pendekatan personal dan tampilan program di tengah-tengah ummat, BMH kalah tertinggal jauh dengan lembaga-lembaga lokal maupun nasional dalam memberikan edukasi tentang zakat, infaq, sedekah dan wakaf.

Banyak bermunculan di masyarakat lembaga yang tampil terkelola secara profesional. Menejemen yang tertata rapi didukung SDM yang enerjik, lincah dan tangguh. Bisa jadi lembaga itu adalah sebenarnya milik pribadi atau perorangan. Terkadang lembaga tersebut baru muncul di tingkat lokal dan belum sebesar BMH. Namun, karena pendekatan silaturrahim yang lebih intensif, maka masyarakat bisa lebih tertarik dan simpati dibanding kepada BMH. Persaingan di masyarakat akan terasa begitu ketat dan harus menjadi catatan penting untuk perbaikan BMH kedepan.”demikian komentar bapak Fahmi dalam kritikan-kritikannya yang membangun.

Setelah terdokumentasi akad kerjasama pengadaan hewan korban 1435 H ( yang rencananya hingga limaratusan ekor) dan usai kita dengar berbagai masukan dan kritikan pak Fahmi untuk BMH Malang kedepan, maka bapak Humam sebagai Kepala Cabang BMH Malang pun berkomentar bahwa tidak menutup kemungkinan “akan kita adakan upgrading khusus SDM BMH Malang dan mengecas motivasi berkala tiap bulan agar tetap terjaga semangat dalam meningkatkan kinerja dalam mencapai prestasi. Ruang workshop amazy training center bisa menjadi tempat alternatif dengan bapak Fahmi sebagai motivator utama tiap bulan. ” demikian gagasan bapak Humam usai berpamitan.  



Demikian, penulis sudah melaksanakan tugas dalam mempertemukan dua pihak (atau beberapa pihak yang berserakan, jarang ketemu dan saling silaturrahim) untuk bekerjasama, bersinergi untuk kepentingan jangka pendek dan jangka panjang.

Peran nominal ratusan juta bukanlah hal yang sederhana.  Amanah untuk dijaga dan dimanfatkan sebaik-baiknya. BMH (cabang Malang khususnya), dengan SDM yang relatif masih muda-muda belia, sudah mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari masyarakat dan ummat untuk mengelola dana ummat sampai ratusan juta hingga Milyar-an. Penulis sebagai saksi di perjalanan program, berharap SEMOGA amanah kepercayaan masyarakat dan ummat ini bisa terkelola secara tepat guna dan tepat sasaran. Amin.  (makin)

Ditulis di kantor BMH Malang pukul 03.30 dinihari Sabtu, 13 September 2014.



Layanan jemput Zakat, Infaq, Shodaqoh, hibah, wakaf Anda….
Program Qurban Berkah Nusantara 
“Qurban di kota Manfaat di desa”
0341.7717000

0 komentar:

Contact

Kontak Kami

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah BMH tetap berkhidmat bersama Ummat - WA 0851.0471.7000

Alamat:

Jalan Sidomakmur 15 Sengkaling Dau Malang

Jam Kerja:

Senin sampai Jumat pUkul 08.00 hingga 16.30

Phone:

0851.0471.7000

Recent Comments

Recent Posts