Kamis, 04 September 2014

BMH dari sisi pandang DR. Sudirman, M.A. UIN Malang



LAPORAN PENELITIAN DOSEN DAN MAHASISWA

IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM PENGELOLAAN ZAKAT DI KOTA MALANG: STUDI PERBANDINGAN ANTARA YAYASAN DANA SOSIAL  AL-FALAH (YDSF) DAN
 BAITUL MAL HIDAYATULLAH (BMH)

Oleh:
Sudirman, M.A.      NIP 19770822 200501 1 003
Sri Eko Ayu Indrawati     NIM 085 646 608 923




KEMENTERIAN AGAMA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
FAKULTAS SYARIAH
TAHUN 2011






SURAT PERNYATAAN
ORISINALITAS PENELITIAN

Saya yang tersebut di bawah ini:
Nama                           :  Sudirman, M.A.
NIP                             :  19770877 200501 1 003
Pangkat/Golongan      :  Penata Tk. I /III d
Jabatan                       :  Lektor
Fakultas/Jurusan          :  Syari’ah/Hukum Bisnis Syariah
Judul Penelitian           : Implementasi Total Quality Management dalam
                                        Pengelolaan Zakat di  Kota Malang: Studi Perbandingan antara Yayasan Dana Sosial  Al-Falah   (YDSF) dan Baitul Mal Hidayatullah (BMH)
menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa hasil penelitian kali ini tidak terdapat unsur-unsur penjiplakan karya penelitian atau karya ilmiah yang pernah dilakukan atau dibuat oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis dikutip dalam naskah ini dan disebutkan dalam sumber kutipan dan daftar pustaka.
Apabila ternyata hasil penelitian ini terbukti terdapat unsur-unsur jiplakan, maka saya bersedia untuk mengembalikan bantuan dana penelitian dari Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang telah saya terima, serta diproses sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Malang, 15 Oktober 2011
Yang membuat pernyataan,


Sudirman, M.A.




HALAMAN PENGESAHAN


Laporan Penelitian ini
Disahkan oleh Fakultas Syari’ah
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Pada tanggal 15 Oktober 2011


Peneliti 1,                                                        Peneliti 2,
                                                                                   

Sudirman, M.A.                                            Sri Eko Ayu Indrawati   
NIP 19770822 200501 1 003                         NIM 085 646 608 923


Mengetahui,
Ketua Jurusan Hukum Bisnis Syariah,            Reviewer,       


Drs. Suwandi, M.H.                                      Dr. M. Fauzan Zenrif, M.Ag.
NIP. 196110415 200003 1 001                      NIP. 19680906 200003 1 001


Yang Mengesahkan,
a.n. Dekan,
Pembantu Dekan Bidang Akademik,


Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag.
NIP 19710826 199803 2 002






KATA PENGANTAR

Al-hamdu li Allah wa al-sukru li Allah, dengan rahmat dan kasih sayang-Nya, penelitian ini dapat diselesaikan. Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi junjungan kita, Muhammad saw.
            Penelitian yang berjudul “Implementasi Total Quality Management dalam Pengelolaan Zakat di  Kota Malang: Studi Perbandingan antara Yayasan Dana Sosial  Al-Falah   (YDSF) dan Baitul Mal Hidayatullah (BMH)” dilaksanakan atas bantuan biaya DIPA Fakultas Syariah 2011. Berbagai kendala teknis dan manajemen waktu banyak dihadapi oleh peneliti, namun akhirnya semuanya dapat diatasi dengan baik.  Dengan selesainya penelitian ini, peneliti ingin mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya  kepada:
  1. Prof. Dr. H. Imam Suprayogo, selaku Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang yang selalu memberikan teladan terbaik bagi seluruh civitas akademika kampus Ulul Albab.
  2. Dr. Hj. Tutik Hamidah, M.Ag. selaku dekan Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang yang terus berjuang membesarkan fakultas Syariah dengan berbagai terobosan yang luar biasa.
  3. Dr. Hj.Umi Sumbulah, M.Ag., selaku Pembantu Dekan Bidang Akademik Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang yang sangat peduli dengan kegiatan ilmiah para dosen dan mahasiswa sehingga penelitian kompetitif ini dapat terwujud.
  4. Dr. M. Fauzan Zenrif, M.Ag., selaku reviewer penelitian yang dengan teliti menelaah naskah proposal, memberikan saran isi laporan hingga memotivasi peneliti untuk selalu bekerja profesional dan handal di segala bidang kehidupan.
  5. Sri Eko Ayu Indrawati, mitra peneliti yang sabar dan gigih mengumpulkan data lapangan.
  6. Kawan-kawan dari Yayasan Dana Sosial AL-Falah dan Baitul Maal Hidayatullah Malang yang telah bersedia meluangkan waktu untuk berbagi informasi.
  7. serta berbagai pihak yang turut serta membantu penyelesaian penelitian ini.
Akhirnya, masukan dan saran konstruktif sangat diharapkan bagi kesempurnaan laporan ini. Semoga usaha yang telah dilakukan dapat bermanfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan di Indonesia, khususnya dalam ranah kajian zakat kontemporer. Amin.
     

                                                                  Malang, 15 Oktober 2011
Peneliti,


                                                                    Sudirman, M.A.






A.    Kesimpulan
Setelah penelitian ini usai dilakukan, beberapa kesimpulan yang dapat ditarik adalah sebagai berikut.
1.      Yayasan Dana Sosial al-Falah Malang dan Baitul Mal Hidayatullah Malang telah melakukan berbagai usaha untuk memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan, baik pelanggan eksternal maupun internal. Pelanggan eksternal mendapatkan perhatian dari kegiatan jemput donasi hingga layanan keluhan. Sarana yang digunakan juga beragam, dari media cetak hingga media elektronik. Meskipun demikian, ada sejumlah perbedaan yang dapat ditemukan, antara lain inovasi pelayanan YDSF lebih terbuka dan bebas ketimbang BMH. Hal ini dapat dilihat dari upaya YDSF memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk memudahkan pelanggan mendapatkan informasi dan layanan. Sementara itu, BMH Malang masih tergantung pada kebijakan pelayanan pelanggan yang ditentukan oleh BMH Pusat.
2.      Yayasan Dana Sosial al-Falah Malang dan Baitul Mal Hidayatullah Malang telah melakukan berbagai usaha untuk melakukan perbaikan terus-menerus untuk mencapai visi dan misi mereka. Sejumlah program seperti pengiriman karyawan ke beberapa jenis pelatihan seringkali dilakukan untuk meningkatkan kemampuan personel karyawan. Kegiatan semacam pembuatan rencana kerja hingga evaluasi program kerja mereka lakukan secara konsisten dan berkesinambungan. Visi dan misi lembaga menjadi acuan utama dalam membuat program kerja. Audit internal dan eksternal juga telah mereka lakukan meskipun dengan motode yang berbeda.
3.      Yayasan Dana Sosial al-Falah Malang dan Baitul Mal Hidayatullah Malang telah melakukan berbagai usaha untuk melibatkan seluruh potensi yang dimiliki lembaga guna mencapai pelayanan yang berkualitas. Struktur organisasi telah lengkap untuk mencapai tim yang solid. Semangat kerja satu tim mewarnai aktifitas mereka sehingga atasan dan bawahan tidak lagi menunjukkan hirarkhi tugas dan jabatan melainkan sebagai mitra kerja yang saling melengkapi. Hanya saja, untuk pendampingan karyawan yang bermasalah, YDSF mempunyai tim konsultan yang setiap saat dapat membantu meringankan atau memecahkan masalah yang dihadapi.

B.       Saran
1.      Bagi lembaga pengelola zakat, penerapan nilai-nilai TQM merupakan hal yang tak terelakkan di era sekarang ini. Oleh sebab itu, mempelajari sekaligus mencoba untuk menerapkan dalam kegiatan pengelolaan zakat perlu digalakkan agar masyarakat muzakki mendapatkan pelayanan yang memuaskan.
2.      Bagi peneliti selanjutnya, penelitian seputar lembaga zakat dapat dikembangkan dengan membidik pengelolaan wakaf dari manajemennya. Misalnya tentang cara lembaga zakat melakukan penggalangan sekaligus pertanggungjawaban dana umat via piranti modern semacam internet dan SMS. Ini jelas akan memberikan kontribusi positif untuk pengembangan pengelolaan zakat di Indonesia.
.............................................................................................................

0 komentar:

Contact

Kontak Kami

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah BMH tetap berkhidmat bersama Ummat - WA 0851.0471.7000

Alamat:

Jalan Sidomakmur 15 Sengkaling Dau Malang

Jam Kerja:

Senin sampai Jumat pUkul 08.00 hingga 16.30

Phone:

0851.0471.7000

Recent Comments

Recent Posts