Rabu, 16 April 2014

Peringatan Bagi si Bakhil

berikut kami kutip dari Lembar tausiyah Jumat yang diterbitkan baitul maal Hidayatullah malang

Peringatan Bagi Si Bakhil
“Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan akan dikalungkan kelak di lehernya pada hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. ” (Ali ‘Imran: 180)



Saudaraku, sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau menafsirkan makna “Harta yang mereka bakhilkan akan dikalungkan kelak di lehernya pada hari kiamat,” beliau bersabda: “Bakhil itu adalah orang yang menahan hak Allah Subhanahu wa Ta’ala (tidak mau menginfaqkan hartanya). Maka kelak di hari kiamat (harta tersebut) akan diubah menjadi seekor ular jantan yang ganas berbisa, dan dilingkarkan di lehernya. ”


Sedangkan Al-Imam Al-Qurthubi rahimahullahu berkata bahwa bakhil adalah manusia yang menahan hartanya (tidak memberikan/memenuhi) sesuatu dari haknya yang wajib (zakat, infaq fi sabilillah). Adapun menahan harta pada perkara yang tidak wajib atasnya untuk mengeluarkan zakat, bukanlah kebakhilan. 


 Saudaraku, berhati-hatilah dengan kebakhilan. Sebab bahayanya begitu mengerikan. Bukan hanya di akhirat nanti, tapi di sini, di dunia ini, akibatnya bisa langsung dirasakan.
Kebakhilan bisa menyebabkan kebinasaan. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam besabda, “Jauhkanlah diri kalian dari perbuatan syuh’ (kikir yang disertai tamak). Karena sesungguhnya (yang demikian) itu telah membinasakan orang-orang sebelum kalian, mendorong mereka untuk menumpahkan darah, dan menghalalkan perkara yang terlarang. ” (HR. Muslim)


Akibat yang lain, orang-orang bakhil mendapatkan doa keburukan dari malaikat. Dalam hal ini Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah setiap hari kecuali ada dua malaikat yang turun ke bumi. Salah satu malaikat tadi berdoa: ‘Ya Allah, berikanlah kepada orang yang menginfaqkan hartanya keuntungan. ’ Adapun satunya berdoa: ‘Ya Allah, berikanlah kepada orang yang kikir terhadap hartanya kerugian’. ” (HR. Muslim)
Semoga kita terjauhkan dari sifat bakhil ini. Aamiien.


0 komentar:

Contact

Kontak Kami

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah BMH tetap berkhidmat bersama Ummat - WA 0851.0471.7000

Alamat:

Jalan Sidomakmur 15 Sengkaling Dau Malang

Jam Kerja:

Senin sampai Jumat pUkul 08.00 hingga 16.30

Phone:

0851.0471.7000

Recent Comments

Recent Posts